Makanan yang Tidak Akan Sempat Kadaluarsa

kabarpentang– Bila Anda ingin menyimpanmakanan di almari dapur dalam tempo yang lumayan lama, bahkan juga sekian tahun, ketahuilah macamnya terlebih dulu. Karena tidak semua masih tetap wajar untuk dikonsumsi.

Dalam dunia ini, terdapat beberapa type makanan yang masih tetap wajar mengkonsumsi serta nyatanya tidak pernah dapat kedaluwarsa. Sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah, sebaiknya lihat beberapa hal di bawah ini.

Ada sekurang-kurangnya 5 type makanan yang tidak dapat kedaluwarsa walau disimpan dalam periode waktu lama.

1. Madu

Madu adalah makanan yang betul-betul tidak pernah kedaluwarsa.

Segentong madu sempat diketemukan di pot tanah liat yang dikubur dalam tanah. Konon, madu ini datang dari jaman Mesir kuno. Saat ditest, cairan yang dibuat dari lebah ini masih tetap memiliki perasaan yang manis serta enak, walau beberapa ribu tahun disegel.

Rahasia dibalik waktu taruh madu yang kekal ialah kandungan gula alaminya yang tinggi. Diluar itu, madu pun berbentuk asam, hingga bakteri tidak mempunyai peluang untuk berkembang biak.

Di satu bagian, madu dikenal juga menjadi “makanan super” sebab banyak terkandung faedah buat kesehatan badan. Tingginya kandungan anti-oksidan dalam madu dapat menolong singkirkan batuk, serta bahkan juga sudah dapat dibuktikan menolong mengobati luka serta luka bakar.

2. Susu Bubuk

Biasanya, susu sapi asli cuma bertahan seputar dua minggu saat disimpan di almari es. Akan tetapi tidak perihal dengan susu bubuk.

Susu kering penuh lemak dapat bertahan 2 sampai 5 tahun, sedang susu kering tiada lemak dapat bertahan sampai 25 tahun.

Akan tetapi Anda mesti menyimpannya di tempat yang sejuk serta kering. Susu basi atau kedaluwarsa umumnya akan bau tidak enak saat kemasannya dibuka.

Berharap diingat jika ini cuma diakui untuk susu bubuk, bukan susu formula kering, yang cuma bertahan saat setahun.

Janganlah coba memberi susu formula yang kedaluwarsa pada bayi atau anak kecil, sebab mungkin mempunyai beberapa konsekuensi serius.

3. Pasta Kering

Butuh diingat jika pasta kering dapat bertahan saat 2 sampai 3 tahun bila disimpan lewat cara yang benar. Tiga tahun ialah waktu yang begitu lama untuk mengawasi makanan masih higienis, terpenting bila rasa-rasanya lezat, seperti penne atau makaroni.

Akan tetapi, tahukah Anda jika usia taruh makaroni serta pasta kering bisa diperpanjang sampai 8 sampai 10 tahun bila tertutup rapat, serta disimpan di wadah yang sejuk serta kering?

Sedang untuk saus tomat atau saus kalengan, usia simpannya –yang belumlah dibuka– cuma 18 sampai 24 bulan.

4. Kopi Instan

Pecandu cafein dimaksud sangat mujur, sebab kopi instant bisa bertahan 2 sampai 20 tahun pada suhu kamar. Bila Anda menyimpannya di almari es atau freezer, kopi dapat betul-betul bertahan seumur hidup Anda.

Dibaca Juga : Ini Buktinya Perawat Indonesia Berkesempatan Bekerja di AS

Buat Anda yang suka konsumsi kopi instant bergranula, janganlah cemas sebab ini dapat bertahan seputar 2 tahun pada suhu hawa, serta akan bertahan selama-lamanya bila Anda menyimpannya dalam tempat yang sejuk.

Selain itu, kopi bubuk dengan cream berusia cuma 18-24 bulan.

5. Beras Putih

Beras merah konon tambah lebih sehat serta bergizi, tapi cuma akan bertahan saat 4 sampai 6 bulan sebelum mutunya lebih buruk.

Sedang untuk beras putih, waktu disimpan dalam tempat yang sejuk serta kering dalam wadah kedap hawa, diprediksikan tetap akan bagus saat 30 tahun.

Sebagian orang berspekulasi jika beras putih disimpan di almari es atau freezer, makanan inti orang Indonesia ini dapat masih fresh selama-lamanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*