2-3-1882: Pembunuhan Tidak berhasil Ratu Inggris oleh Pria Hilang ingatan

kabarpentang– Satu sore pada 137 tahun yang lalu, Ratu Inggris Queen Victoria tinggalkan Istana Buckingham, melewati Hyde Park ke arah Stasiun Paddington untuk naik kereta spesial ke Windsor.

3 Maret 2019, walau hujan es turun, beberapa orang bergabung di selama rute perjalanan Queen Victoria ke Stasiun Paddington sampai kereta tinggalkan stasiun. Sesudah melalui perjalanan yang lancar, tibalah dia di Windsor.

Tapi saat sang Ratu Inggris akan masuk kendaraan, seseorang pria di halaman stasiun menembaki Yang Mulia. Mujur tembakan itu meleset dari tujuan, tidak ada peluru yang tentang Queen Victoria atau siapa juga di dekatnya.

Pelakunya sukses diamankan selang beberapa saat oleh tiga atau empat polisi. Dia lantas dibawa ke kantor polisi Windsor.

Ratu di Windsor Castle lalu kirim telegram ke Prince of Wales di Marlborough House. Dia memberi tahu tentang penyerangan itu.

“Seandainya ada laporan yang terlalu berlebih sampai di tangan Anda, saya kirim telegraf untuk menjelaskan jika saat saya akan pergi dari Stasiun Windsor ada seseorang pria menembak kendaraan, tapi untungnya tidak tentang siapa juga. Ia langsung diamankan. Saya dalam keadaan baik,” demikian seperti dimuat media massa Belfast, Jumat 03 Maret 1882.

Media massa itu pun memberikan laporan jika revolver yang dipakai dalam usaha pembunuhan tidak berhasil Queen Victoria ialah manufaktur Jerman.

Nama tahanan itu dijelaskan menjadi Roderick Maclean. Pria kenakan pakaian lusuh itu diprediksikan berumur seputar 30 tahun.

Pada aparat, Maclean mengakui dianya ialah pegawai kerja lapangan. Dilahirkan di Oxford street London serta baru beberapa waktu di Windsor. Tapi lalu didapati jika ia ialah masyarakat asli Irlandia.

Maclean lalu diadili pada 19 April 1882 di Reading atas masalah pengkhianatan tingkat tinggi.

Dibaca Juga : Terungkapnya Sekongkol Bapak Anak, Korupsi untuk Modal Pemilihan kepala daerah Satu tahun Lantas

Montague Williams lalu memberi sangat banyak bukti jika tahanan itu mempunyai permasalahan kejiwaan. Maclean pada akhirnya dibebaskan dengan fakta hilang ingatan. Walau demikian ia diperintah untuk ditahan atas perintah Yang Mulia Ratu Inggris.

Tidak hanya usaha tidak berhasil pembunuhan Ratu Inggris Queen Victoria, riwayat mencatat jika hari itu tahun 1820 ialah hari kelahiran Eduard Douwes Dekker, sastrawan Belanda yang diketahui dengan novel Max Havelaar.

Selain itu, pada 2 Maret 1995 dikenang menjadi peristiwa berdirinya Yahoo!.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*